Kamis, 04 Oktober 2012

Tip Merawat AC Mobil


AC mobil sangat penting peranannya karena perangkat inilah yang mengatur suhu udara dalam kabin kendaraan agar selalu dalam kondisi yang nyaman sehingga penumpang, terutama pengemudi tidak cepat lelah, terlebih saat perjalanan jauh.

Selain itu, fungsi AC mobil juga berguna untuk mengurangi tingkat kelembapan udara dalam kabin yang mampu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga kabin lebih sehat dan nyaman.

AC mobil juga tidak hanya diperlukan saat cuaca panas menyengat.
Pada kondisi cuaca hujan, perangkat penyejuk kabin ini juga berfungsi mencegah terjadinya pengembunan pada kaca depan kendaraan yang dapat mengurangi visibilitas pengemudi.

Tip sederhana kepada pembaca bagaimana cara memperlakukan dan merawat AC mobil dengan baik agar AC mobil selalu dalam kondisi yang sehat.

1. Jangan membiasakan membuka jendela saat AC dalam kondisi hidup. Debu dan partikel halus dapat masuk kedalam kabin, tersedot oleh kipas blower dan akan membuat kipas serta komponen evaporator menjadi cepat kotor.

2. Tidak merokok dalam kendaraan ketika AC hdup. Asap rokok akan terhirup dan sebagian zat yang terkandung di dalamnya akan menempel di kisis-kisi evaporator sehingga meninggalkan bau yang kurang sedap.

3. Segera periksakan ke bengkel resmi AC ketika terdapat tetesan air yang keluar dari selang atau kisi-kisi AC. Tetesan air tersebut mengindikasikan adanya ketidakberesan pada sistem penyejuk ruangan mobil Anda.

4. Segera periksakan ke bengkel saat hembusan AC kendaraan Anda sudah tidak terasa dingin.

5 Lakukanlah servis AC di bengkel resmi Denso untuk keluhan maupun kerusakan pada AC kendaraan Anda.

Pengecekan AC sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Ia mengatakan bahwa komponen AC sama seperti mesin kendaraan. Ia butuh perawatan serta penggantian komponen secara berkala.

4 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan pesan. Satu pesan anda berarti bagi kami. Demi kemajuan Blog ini.